Senin, 11 Juli 2011

Kurang Tidur Picu Darah Tinggi

Rapat hingga tengah malam, lembur dan keesokan paginya harus bekerja kembali, adalah rutinitas para pekerja. Hati-hati, kurang tidur dan kondisi tubuuh yang tidak fit bisa memicu penyakit darah tinggi.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Chicago, Amerika Serikat, orang dewasa yang kurang tidur beresiko tinggi terkena darah tinggi.

Penelitian tersebut dilakukan selama lima tahun oleh Kristen L. Knutson dan timnya dengan mengumpulkan catatan kesehatan sebanyak 578 responden yang rata-rata berusia 40 tahun.

Catatannya termasuk tekanan darah dan durasi tidur. Durasi tidur diukur menggunakan survei dan sensor yang dipasangkan di kepala, yang berguna mencatat periode aktivitas dan istirahat para responden.

Setelah mendapatkan catatan tersebut, lima tahun kemudian kesehatan responden dilihat kembali. Dan hasilnya, responden yang kurang tidur mencapai 37 persen, mengalami darah tinggi atau sering disebut hipertensi. Menurut tim peneliti, rata-rata responden tidur enam jam per hari, dan hanya 1% yang tidur delapan jam sehari.

“Mengidentifikasi hubungan antara gaya hidup dengan penyakit darah tinggi, bisa meningkatkan pencegahan. Yaitu dengan memberitahu kepada masyarakat apa yang sebaiknya dilakukan agar tidak terkena penyakit tersebut," kata Knutson

Penyakit darah tinggi menyebabkan 7 juta kematian di Amerika setiap tahunnya, dan salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, cukupkanlah kebutuhan tidur Anda agar terhindar dari resiko penyakit darah tinggi, mulai sekarang.

sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/67003-kurang_tidur_picu_darah_tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar